Followers

Nuffnang

DUNIACACAMARBA

Posted by Admin Direktori Blog | Posted on 3:02 PTG | Posted in

sumber :-

DUNIACACAMARBA


Inilah 6 Cara Jitu Yang Harus Anda Lakukan Agar Sukses Memulai Bisnis

Posted: 10 Jun 2016 08:55 PM PDT


SerambiBisnis.com - Sukses berbisnis? Tentu siapa saja pasti berharap bisa meraihnya. Namun faktanya, hanya sedikit saja orang yang mampu mendapatkannya. Jangankan sukses, untuk bisa memulai bisnis saja kebanyakan kita tak mampu melakukannya. Tak punya cukup keberanian untuk bisa memulainya. Kita terjebak dengan pikiran atau asumsi-asumsi yang terbentuk di masyarakat tentang bisnis sehingga akhirnya tidak berani memilih bisnis sebagai pilihan hidup.

Berikut ini pandangan umum masyarakat tentang memulai bisnis :

  • Bahwa memulai bisnis itu sulit
  • Bisnis itu perlu modal besar
  • Bisnis itu karena faktor keturunan
  • Bisnis itu harus ada bakat
  • Menemukan ide usaha itu tidak mudah
  • Sudah terlalu tua untuk berbisnis
  • Dan pikiran lain sejenis yang menghambat Anda untuk terjun berbisnis

Pandangan diatas tidak sepenuhnya benar, namun juga tidak semuanya salah. Memang kenyataannya masalah diatas pasti ada dalam memulai bisnis, namun demikian sebenarnya bisa diminimalkan sehingga bukan menjadi penghalang utama Anda untuk tidak berani berbisnis.

Nah, tentunya agar bisa meminimalkan hambatan yang ada, Anda harus mengetahui bagaimana cara-cara jitu agar bisa segera berbisnis.

Berikut 6 cara jitu yang harus Anda lakukan agar bisa sukses memulai bisnis :

1. Latih Karakter

Kita sering mengabaikan hal ini, padahal karakter adalah modal dasar dan utama yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis agar bisa sukses berbisnis. Coba Anda perhatikan orang-orang yang telah sukses berbisnis, niscaya Anda akan menemukan bahwa mereka adalah orang yang telah teruji karakter pribadinya. Keberanian, kerja keras, komitmen, sabar adalah watak dasar yang pasti mereka miliki. Yang tentunya juga harus Anda miliki agar bisa mengikuti jejak sukses mereka. Memang butuh proses dan waktu agar bisa sampai pada karakter tersebut. Yang penting Anda segera memulainya dan latih agar setahap demi setahap karakter tersebut bisa terbentuk dalam diri Anda.

Cari lingkungan atau teman-teman yang mendukung. Bergabung dengan komunitas atau perkumpulan bisnis agar Anda bisa merasakan bagaimana karakter positif lingkungan tersebut bisa terbawa pada diri Anda. Seperti halnya kata pepatah : "Jika kita berteman dengan pandai besi, niscaya kita akan terpercik api dan baunya. Begitupula jika kita berteman dengan penjual parfum, niscaya kita akan terkena bau harumnya".

2. Kebutuhan Pasar

Amati fenoma atau perilaku masyarakat di sekitar Anda. Lihat hal-hal apa saja yang sering dibutuhkan, dikonsumsi mereka. Temukan permasalahan mereka kemudian berikan solusinya. Lakukan riset pasar sederhana terhadap perilaku tersebut. Hal ini akan mengasah kemampuan Anda untuk menemukan peluang bisnis di sekitar Anda. Dengan mengerjakan peluang bisnis yang mengacu pada kebutuhan pasar/konsumen, maka hal tersebut akan memperbesar peluang sukses Anda.

3. Jadilah Pemasar

Dalam memulai bisnis, ada beberapa hambatan dasar yang pasti selalu ada. Yaitu masalah modal, masalah teknis, SDM, pemasaran, dsb. Agar bisa meminimalkan hal tersebut, sebaiknya sebagai seorang pemula untuk menghindari bisnis yang berbasis produksi. Jadilah seorang pemasar, temukan produk-produk potensial yang sesuai dengan kebutuhan dan trend pasar, kemudian kerjasama dengan pemilik produk dan mulailah pasarkan produk tersebut. Jika tahapan pemasaran ini sudah bisa Anda lewati, barulah untuk masuk pada tahapan bisnis yang berbasis produksi. Dengan penguasaan jalur distribusi maka langkah Anda kedepannya sudah semakin mudah.

4. Belajar Dari Mentor

Belajar bisnis, tidak cukup hanya dengan mengandalkan literatur buku saja. Dalam prakteknya fungsi seorang mentor bisa menjadi faktor paling penting kesuksesan bisnis Anda. Dengan pengalaman seorang mentor, Anda bisa mengikuti dan menduplikasi langkah sukses bisnis mereka sebagai jalan Anda juga untuk meraih sukses. Datangi para pengusaha yang sesuai dengan jenis bisnis yang hendak Anda jalankan, minta nasehat dan saran mereka bagaimana cara-cara mereka untuk sukses membangun bisnis dan ikuti langkah-langkah mereka tersebut.

5. Bangun Jaringan

Perbanyaklah relasi, Anda harus proaktif membangun jaringan dengan pihak-pihak yang bisa membantu proses Anda untuk membangun bisnis. Baik itu dengan produsen produk, distributor, media, komunitas, pengusaha, instansi pemerintah dan pihak lainnya. Semakin banyak pihak yang
terhubung dengan Anda, maka potensi Anda semakin besar untuk menggapai sukses. Jaringan yang Anda bentuk ini, sejatinya adalah kumpulan dari puzzle-puzzle kesuksesan Anda. Mungkin pada saat awal Anda membangun, belum terlihat kemana puzzle ini akan membentuk, namun sejalan dengan proses dan waktu maka puzzle ini mulai akan terlihat kemana hubungannya dan efeknya terhadap proses bisnis yang Anda jalankan.

6. Kuasai Informasi dan Internet

Dunia telah berubah. Saat ini merupakan era digital, dimana segala sesuatu dapat diakses dengan mudah, cepat, dan murah, karena adanya Internet. Bisnis pun telah Berubah. Internet telah merubah
segalanya. Berbagai informasi dari belahan dunia dapat kita raih sekarang juga, apapun yang kita cari, kapanpun kita mau, internet telah membantu menyediakan banyak hal. Begitu pula dalam hal bisnis, keberhasilan bisnis bukan lagi hanya karena faktor modal, kekuasaan, atau pun keturunan. Kini untuk mencapai sukses, salah satu kunci utamanya adalah bagaimana Anda mampu menguasai informasi dan internet untuk memenuhi kebutuhan pasar (konsumen).

Inilah 6 cara jitu yang harus Anda lakukan agar sukses memulai bisnis, semoga penjelasan di atas bisa menjadi motivasi bagi Anda dalam memulai bisnis. Salam Sukses.

Sumber : Majalah Bisnis UKM

Comments (0)