Followers

Nuffnang

DUNIACACAMARBA

Posted by Admin Direktori Blog | Posted on 3:09 PTG | Posted in

sumber :-

DUNIACACAMARBA


Peluang Usaha Pangkas Rambut (Barber Shop) dan Prospeknya

Posted: 26 May 2016 05:42 PM PDT


SerambiBisnis.com Peluang usaha pangkas rambut tak bisa dipandang sebelah mata. Usaha pangkas rambut ini memang merupakan usaha keci-kecilan atau usaha sampingan, namun banyak yang telah sukses meraup pundi-pundi rupiah dari bisnis ini. Jika anda mempunyai keahlian memangkas rambut tidak ada salahnya anda membuka usaha pangkas rambut (BarberShop) yang satu ini.

Peluang usaha pangkas rambut ini bisa berkembang pesat jika anda memang serius dan didukung dengan manajemen yang sangat baik. Atau jika anda tidak mempunyai keahlian tidak ada salahnya ikut kursus dan pelatihan. Usaha ini sangat prospektif, mengingat semua orang pasti membutuh jasa pangkas rambut dan selagi ada orang yang pangkas rambut selama itu pula usaha anda mengalirkan pundi-pundi rupiah.

Peralatan Pangkas Rambut Dalam Menjalankan Bisnis Babershop

Di sini, Anda bisa menyediakan kursi, gunting, sisir, sabun, kain pelindung, handuk, kaca besar depan-belakang, meja rias, penjepit handuk. Anda bisa mencari informasi mengenai harga-harga kebutuhan peralatan dan perlengkapan pangkas rambut di toko-toko peralatan yang ada di kota Anda. Sebagai gambaran, Anda bisa membuat rincian biaya berikut:

Perkiraan modal untuk membuka usaha pangkas rambut :

1. Seperangkat alat potong rambut lengkap diperkirakan Rp 1.000.000,00 sampai Rp 2.000.000,00
2. Kursi pangkas rambut sedikitnya 2 set diperkirakan seharga Rp 1.000.000,00 hingga Rp 4.000.000,00
3. Tempat bila diasumsikan menyewa harganya kira-kira Rp. 6.000.000,00 per tahun.

Perkiraan penghasilan perbulan :
Pemasukan sehari dan perbulan dengan 15 orang perhari potong rambut.
1. 15 orang x Rp 15.000,00 : Rp 225.000,00
2. Pemasukan sebulan : Rp 225.000,00 X 30 Hari = Rp 6.750.000,00

Hitung-hitungan :
1. Perkiraan biaya awal : Rp 8.000.000,00 sampai Rp 12.000.000,00
2. Rata-rata pemasukan perbulan Rp 6.750.00.000,00
3. Biaya awal – Pemasukan perbulan ( Rp. 8.000.000,00 – Rp 6.750.000,00 = Rp. -1.250.000,00)

Jadi perkiraan modal akan kembali sekitar kurang dari 2 bulan. Bagaimana kalau pengunjung lebih dari 15 orang? Untuk penunjang perlengkapan ini Anda bisa sesuaikan sendiri. Harga bisa lebih rendah dari apa yang digambarkan di atas. Tambahan lain yaitu masalah kebersihan dan kesehatan harus diperhatikan. Jangan sampai rambut bekas dipangkas berantakan. Begitu pula untuk gunting atau alat cukur lainnya perhatikan unsur kesehatan. Bisa saja ada konsumen yang tidak mau berbagi alat kerok semacam silet atau alat cukur jenggot misalnya, karena takut penularan penyakit dari konsumen lain.

Berbagai Keuntungan Menjalankan Usaha Pangkas Rambut

Membuka usaha pangkas rambut (Baber Shop) memang mempunyai banyak keuntungan dibandingkan usaha yang lainya. Berikut ini beberapa keuntungan dalam menjalankan bisnis pangkas rambut atau babershop.
  • Hanya satu kali mengeluarkan modal, untuk membuka usaha ini anda hanya mengeluarkan modal satu kali saja, dan untuk bulan berikutnya anda hanya melengkapi kekurangan-kekurangan saja. Karena disini yang anda jual hanyalah jasa.
  • Tidak ada kata kadaluarsa, usaha ini berbeda dengan usaha yang lain, diusaha yang lain anda mengenal istilah kadaluarsa dan disini tidak ada istilah itu. 
Nah itulah keuntungannya. Bagaimana anda tertarik? Dan masih banyak lagi keuntungan lain dari usaha ini.

Hal yang diperhatikan pada saat membuka usaha

1. Perhatikan tempat usaha pangkas rambut

Cari lokasi yang strategis, jika perlu ada tempat parkir di depan tempat pangkas rambut, minimal untuk parkir kendaraan bermotor. Jangan lupa juga sediakan ruang tunggu untuk pelanggan yang antri menunggu giliran dicukur. Anda juga bisa melengkapi ruangan dengan air conditioning (AC) atau kipas angin.

Begitu pula mungkin Anda bisa melengkapi dengan menjual minuman dan makanan ringan. Sediakan pula televisi atau koran, majalah, dan bacaan lagi agar konsumen merasa betah walau sedang menunggu giliran dipangkas. Tempat bisa menjadi nilai jual utama bagi kenyamanan konsumen Anda.

2. Berikan layanan yang memuaskan

Usaha pengkas rambut ini merupakan usaha jual jasa, Anda dituntut untuk memberikan layanan terbaik. Anda bisa menentukan tarif jasa pangkas rambut. Untuk jasa cukur rambut zaman sekarang, harga jasa rata-rata Rp 15.000,00 per kepala. Belum lagi jika ada layanan lain misalnya adanya jasa cukur rambut khusus anak-anak atau cukur kumis dan jenggot.

Bagi Anda kaum perempuan, mungkin lebih identik dengan salon. Dimana ada juga yang mendirikan khusus potong rambut untuk kaum muslimah yang berjilbab. Ini menentukan segmentasi. Begitu pula untuk usaha potong rambut anak, biasanya tarif lebih besar karena mencukur rambut anak memiliki kesulitan tersendiri. Layanan lainnya jika Anda membuka usaha pangkas rambut skala sederhana adalah dengan adanya layanan pijat gratis di kursi pangkas saat sang pelanggan selesai dipangkas. Ini akan menjadi nilai lebih. Hal lainnya yang tak kalah penting, Anda harus update gaya-gaya model rambut zaman sekarang. Khususnya untuk anak muda. Jangan hanya Anda menempelkan poster model rambut zaman jadul di dinding.

Hal yang perlu diperhatikan saat menjalankan usaha Pangkas Rambut

Pertama kali menjalankan usaha ini, Anda bisa melakukannya sendiri. Jika usaha ini sudah keliatan mulai berjalan dengan baik, Anda bisa memperkerjakan asisten atau karyawan. Agar pelanggan Anda tidak mengantri. Maklum saja, memangkas rambut bisa hampir setengah jam lebih, belum lagi jika yang sedang dipangkas agak rewel. Ini akan menciptakan efek domino pada waktu pelayanan pada pelanggan lain. Saat membuka usaha pertama kali, lakukan juga promosi. Anda bisa membagikan selebaran/flyer kepada masyarakat di sekitar tempat usaha Anda.

Untuk tahap awal, Anda bisa melakukan pemberian diskon tarif cukur rambut, misalnya untuk tarif nanti yang berkisar Rp 15.000,00 pada tahap awal bisa dikenakan tarif Rp 8.000,00 sampai 10.000,00. Pemberian masa diskon ini bisa Anda berikan beberapa minggu atau satu bulan.

Usaha ini juga ada musim ramainya, misalnya saat tahun ajaran baru anak sekolah atau saat menjelang hari raya Idul Fitri atau idul adha. Masyarakat kita kebanyakan saat menjelang Lebaran, penampilan harus rapi termasuk urusan rambut. Dalam situasi ini, kecekatan dan keterampilan Anda dan karyawan dalam mencukur rambut harus diperhatikan. Malah, tidak sedikit pelanggan yang merasa puas akan pelayanan akan memberi uang tip atas layanan Anda. Ini bisa menambah pundi-pundi penghasilan. Bagaimana anda tertaik dengan peluang usaha sampingan dengan membuka pangkas rambut ini? Silahkan anda coba. Salam sukses selalu.

Comments (0)