Followers

Nuffnang

DUNIACACAMARBA

Posted by Admin Direktori Blog | Posted on 3:08 PTG | Posted in

sumber :-

DUNIACACAMARBA


Peluang Usaha Ternak Kambing Etawa Yang Menggiurkan

Posted: 22 May 2016 09:09 PM PDT

http://www.serambibisnis.com/2016/05/peluang-usaha-ternak-kambing-etawa.html

SerambiBisnis.com - Kambing perah merupakan komoditas baru di Indonesi yang memiliki prospek pengembangan yang baik. Banyak masyarakat menganggap bahwa susu kambing dapat menyembuhkan berbagai penyakit pernafasan, seperti asma dan TBC. Oleh karena itu permintaannya pun cenderung semakin meningkat dengan harga yang masih cukup tinggi. Di sisi lain kambing perah dapat berperan ganda, selain sebagai peghasil susu, kambing perah juga sebagai penghasil daging.

Dari kebutuhan investasi, usaha kambing perah memerlukan investasi jauh lebih kecil dibandingkan dengan sapi perah dan disamping ini relatif lebih mudah dalam manajemen. Kambing perah yang banyak dikembangkan di Indonesia umumya adalah kambing peranakan Etawah (PE), yang umumnya masih lebih dominan sebagai sumber daging dibandingkan dengan sumber air susu. Susu kambing belum dikenal secara Iuas seperti susu sapi padahal memiliki komposisi kimia yang cukup baik (kandungan protein 4,3% dan lemak 2,8%) relatif lebih baik dibandingkan kandungan protein susu sapi dengan protein 3,8% dan lemak 5,0%. 

Disamping itu dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing lebih mudah dicerna, karena ukuran molekul lemak susu kambing lebih kecil dan secara alamiah sudah berada dalam keadaan homogen. Produktivitas biologis kambing cukup tinggi, 8-28% lebih tinggi dibandingkan sapi. Jumlah anak per kelahiran (litter size) bervariasi 1 sampai dengan 3 ekor dengan tingkat produksi susu yang melebihi dari kebutuhan untuk anaknya, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai produk komersial dan tidak mengganggu proses reproduksinya. 

Biaya investasi usaha ternak kambing relatif rendah dan pemeliharaannya pun jauh lebih mudah dibanding sapi. Pengembangan usaha kambing Etawa (PE) mempunyai peluang pasar yang cukup tinggi di Indonesia karena daya dukung kesesuaian iklim dan aksesibilitas ke berbagai daerah konsumen. Tingginya impor dan masih rendahnya produksi susu sapi dalam negeri, merupakan pasar yang perlu dijajagi.

Dari aspek produksi daging, permintaan daging kambing di Indonesia maupun di dunia juga mengalami peningkatan pesat selama 10 tahun terakhir ini. Indonesia mengkonsumsi kambing sebagai salah satu sumber protein hewani yang utama setelah sapi dan ayam.

Pasokan daging kambing relatif terbatas karena usaha peternakan kambing di Indonesia di dominasi oleh usaha rumah tangga dengan skala pemilikian 4 – 10 ekor. Permintaan kambing untuk konsumen khususnya seperti restauran dan hotel-hotel masih dipenuhi oleh impor. Hal ini disebabkan daging kambing dalam negeri kurang sesuai untuk masakan yang dikehendaki oleh restauran dan hotel tersebut. Pengembangan pasar kepasar spesifik merupakan peluang ekonomi yang pantas diraih dengan pengusahaan peternakan kambing sistem ranch, dan hal ini sangat sesuai dengan kambing etawa (PE). 

Komoditas susu kambing juga memiliki propek yang baik sejalan dengan semakin memasyarakatnya susu tersebut. Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam usaha peternakan kambing karena ketersediaan lahan luas diikuti oleh kemampuan penduduk dalam menangani ternak ini. Perkembangan teknologi dalam bidang peternakan yang pesat memungkinkan untuk mencapai produktivitas lebih dari yang ada pada saat ini.

Peluang Pasar Ternak kambing Etawa


Pasar bagi daging kambing dapat digolongkan menjadi 2 bagian besar yakni pasar tradisional bagi masyarakat pedesaan dan sebagian masyarakat kota dan pasar khusus bagi masyarakat kota. Kedua jenis konsumen daging kambing ini mempunyai karakteristik yang berbeda. Konsumen dari pasar tradisonal belum memperhatikan aspek-aspek kesehatan hewan, pembangunan jenis daging dan cara penanganan daging. Sedang konsumen masyarakat kota sangat memperhatikan masalah-masalah kesehatan hewan/daging, cara penanganan dan pembagian jenis daging. Besarnya pangsa kedua jenis pasar ini tak dapat ditentukan.

Pada pasar tradisional, daging kambing dibeli oleh pedagang dari ternak, kemudian dipotong di rumah pemotongan hewan atau dipotong sendiri. Penjualan daging ini dilaksanakan di pasar-pasar umum. Pasar khusus masyarakat kota umumnya membeli dari pedagang daging yang telah disertifikasi. Daging dipotong di rumah pemotongan hewan dan dijual di supermarket atau di toko-toko khusus yang menjual daging. Hotel dan restoran selain membeli dari supermarket juga membeli dari pemasok yang khusus mengantarkan daging ke restoran sesuai dengan pesanan. 

Tingkat permintaan daging kambing tidak terlalu fluktuatif sepanjang tahun, namun permintaan akan meningkat dengan cepat pada saat Hari raya Idul Adha. Pada hari raya tersebut, biasanya permintaan daging akan meningkat dan harga akan meningkat pula. Pada Hari raya Idul Adha, dijual kambing hidup yang sehat untuk digunakan pada kegiatan keagamaan.

Persepsi konsumen. Dari hasil studi Sukmawati memperlihatkan tentang posisi susu kambing yang semakin penting di amsyarakat. Dari hasil wawancara tersebut, bahwa sebagian besar konsumen memanfaatkan susu kambing sebagai obat (56,3%) selebihnya untuk menambah daya tahan tubuh (31,2%) dan sebagai aprodisiak (12,5%). 

Susu kambing lebih dikeal sebagai penawar penyakit tertentu disamping sebagai sumber gizi. Konsumen beranggapan bahwa susu kambing bermanfaat sebagai penawar gatrointestinal, penyakit pernafasan (asma, TBC, bronkhitis) sebagai aprodisiak dan untuk menjaga kondisi kesehatan. Dari uji organoleptik menunjukkan bahwa susu kambing cukup digemari seperti layaknya susu sapi.

Susu kambing mempunyai kandungan total bahan kering (abu) dan lemak lebih tinggi daripada sapi, demikian juga kandungan mineralnya (Ca, P, Ca:P, CI, ,kecuali Fe dan Cu), vitaminnya (vitamin A dan B) serta riboflavin. Total protein, albinum dan globulin serta casein memang rendah, namun non protein nitrogen lebih tinggi pada kambing daripada susu sapi. 

Sunarlin memberikan analisis yang agak berbeda, kandungan protein susu kambing relatif lebih tinggi, yaitu 4,3% dibanding susu sapi (3%). Kandungan protein susu kambing hasil analisis ini lebih tinggi dibandingkan penelitian Triwulaningsih (1986) yang hanya 2,1%. Sedangkan kadar lemak susu kambing (2,8%) lebih rendah dibandingkan kadar lemak susu sapi, yaitu 5,0%. Triwulaningsih melaporkan hasil yang relatif tinggi, yaitu 3,69%.

Dari data yang ada, susu kambing ternyata sangat potensial sebagi sumber protein hewani disamping susu sapi. Bagi anak-anak (bayi) yang alergi terhadap susu sapi, susu kambing dapat menggantikannya. Oleh sebab itu, tepat sekali kalau pemasyarakatn susu kambing dikaitkan dengan program gizi keluarga dalam program posyandu. Di Inggris, susu kambing selain dikonsumsi, juga diolah menjadi berbagai bentuk seperti keju, krim, mentega dan yoghurt.

Persepsi tersebut diatas mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap mahalnya harga susu kambing jika dibandingkan harga susu sapi yang dapat mencapai 10 kali lipat. Akhir-akhir ini konsumsi susu kambing terus meningkat dari tahun ketahun. Laju peningkatan populasi yang tidak seimbang dengan laju permintaan kambing tersbut akan menciptakan ketidakseimbangan antara permintaan dan produksi tersebut.

Deskripsi Usaha Ternak Kambing Etawa dan Koefisien Teknis Produksi 


Kambing umumnya dipelihara dengan cara yang sangat sederhana di setiap rumah tangga pedesaan. Setiap keluarga pada umumnya memiliki 4 – 6 ekor kambing yang dipelihara dengan dikandangkan di halaman rumah dan digembalakan di areal bekas panen atau lahan beras. Pakan yang diberikan setiap hari berasal dari rumput yang ada di seputar rumah.

Jenis kambing yang saat ini banyak dipelihara adalah kambing lokal dan kambing etawa. Jenis kambing etawa merupakan jenis yang memiliki produktivitas tinggi dan daya tahan yang Iebih baik. Kambing betina jenis ini mencapai kematangan seksual pada umur 8 – 9 bulan. Masa kehamilan selama 5 bulan dan masa Iaktasi 4 bulan. Dengan peemeliharaan yang baik, kambing dapat dikawinkan lagi 2 – 3 bulan lagi setelah melahirkan. Setiap melahirkan kambing mampu menghasilkan 2 – 3 ekor anak, sehingga dalam dua tahun dapat menghasilkan 6 – 9 ekor anak. Kambing dewasa jenis ini memiliki berat karkas bersih 18 – 20 kg untuk kambing jantan dan 15 – 18 untuk betina. Masa subur kambing betina setelah berusia 5 tahun.

Secara sederhana reproduksi kambing dapat digambarkan dalam skema berikut : 


Secara teoritis, kambing dapat menghasilkan 6 – 9 anak setiap dua tahun. Reproduksi kambing juga dipengaruhi oleh tingkat kecukupan gizi yang ada. Kebutuhan pakan kambing dipenuhi dengan rumput yang di tanam oleh proyek di areal yang ada. Selain rumput, kambing juga memerlukan makanan tambahan berupa biji-bijian untuk mempercepat pertumbuhannya. Tambahan pakan diperkirakan 24 ton per tahun.

Untuk menyuburkan rumput dipergunakan pupuk organik yang banyaknya 32 kg per ha per tahun. Pemupukan hanya dilakukan pada 3 tahun pertama proyek, untuk masa-masa selanjutnya rumput hanya akan dirawat, zat-zat organik yang dapat menyuburkan tanah dapat diperoleh dari kompos kotoran ternak. Selain itu untuk kepentingan ditambahkan obat-obatan berupa hormon vitamin.

Daging kambing jantan umumnya kurang disenangi karena memiliki serat yang kenyal dan bau yag cukup tajam. Oleh karenanya, penjualan kambing jantan dilakukan pada usia muda kecuali kambing jantan yang hendak dijadikan pejantan.

Perkiraan perkembangan kambing pada ranch didasarkan pada perhitungan berikut:
  • Kematian tahunan kambing dewasa : 10%
  • Daya tahan hidup (survival rate) jantan : 65%
  • Daya tahan hidup (survival rate) betina : 85%
  • Tingkat pergantian induk : 35%
(Kematian 10%, penyisihan karena tua 20%, tidak subur dan alasan lain 5%)
  • Persentasi induk yang disisihkan : 10%
  • Tingkat pengantian induk : 25%
Usaha kambing ternak ini menggunakan induk 16 ekor dengan periode pemeliharaan selama 6 tahun. Ratusan litter size yang diperoleh adalah 2,25 ekor/kelahiran. Pejantan digunakan selama 2 tahun dan nisbah antara penggunaan jantan terhadap betina sebesar 1 : 8.

Setelah lewat 2 tahun dijual sebagai pejantan afkir dengan harga yang sedang berlaku di pasaran. Anak betina dipilih sebanyak 2% sebagai replacement stock, sedangkan anak jantan semuanya dijual. Penjualan ternak dilakukan atas dasar per kg bobot badan hidup.

Menurut Triwulaningsih produksi susu kambing PE sekitar 0,498 – 0,692 liter per ekor per hari dengan produksi tertinggi dicapai 0,868 liter. Menurut Devandra rataan produki susu kambing Etawah berkisar 0,7 – 1,0 kg per hari dengan rata-rata waktu laktasi 140 hari. Dengan sistem manajemen yang baik maka periode laktasasi dapat dilakukan sampai 9 bulan dengan puncak produksi pada bulan pertama kedua, dapat dilakukan sampai 9 bulan dengan puncak produksi pada bulan pertama dan bulan kedua, dapat mencapai produksi 4 liter/ekor/hari.

Skala Usaha dan Kapasitas Produksi


Dari hasil studi di beberapa lokasi, serta untuk dapat memanfaatkan tenaga kerja keluarga secara optimal dan dimungkinkannya tercapainya tingkat investasi yang cocok bagi kebanyakan masyarakat di Cianjur, maka skala usaha yang disarankan dalam usaha kambing etawah untuk produksi air susu adalah 16 ekor induk kambing dengan masa pemeliharaan 6 tahun.


Lokasi Ternak Kambing Etawa


Sebagai ternak perah, lokasi yang ideal bagi peternakan kambing perah adalah pada daerah dengan dukungan sarana transportasi yang menandai, bersuhu sejuk (sekitas 20 C) atau pada daerah dengan ketinggian dari permukaan laut lebih dari 600 m, dengan ketersediaan air bersih yang cukup. Wilayah pengembangan adalah pada daerah dengan lama periode kering tidak lebih dari 4 bulan, sehingga ketersediaan hijauan dapat lebih terjamin. Sedapat mungkin ketersediaan lahan untuk tanaman rumput juga tersedia. 

Pembiayaan dan Kelayakan Investasi


Investasi tetap yang diperlukan dalam pegembangan ternak kambing PE meliputi bangunan kandang, pembelian bibit betina dan jantan, sewa lahan, pembuatan gudang, dan lain-lain. Total investasi untuk skala pemeliharaan 16 ekor betina dan 2 ekor jantan sebesar Rp. 21.500.000,-. Sedangkan biaya operasional yang diperlukan dan dikeluarkan setiap tahunnya mencangkup biaya replacement stock, pakan, obat, tenaga kerja, peralatan dan lainlain dengan total kebutuhan pertahun sebesar Rp. 9.200.000,-. Sehingga total kebutuhan dana, yang terdiri dari biaya investasi tetap dan biaya operasioanl selama satu tahun sebesar Rp 30.700.000,-. Struktur pembiayaan dan investasi diperlihatkan dalam Tabel Estimasi Input-Output Usaha Ternak kambing Perak (rupiah/tahun) di bawah ini. 

Komponen biaya adalah komponen biaya tenaga kerja dan pakan masing-masing sebesar 32 dan 31%. Komponen penerimaan terdiri dari penjualan susu, penjualan betina afkir, penjualan jantan afkir, penjualan anak betina, penjualan anak jantan, dan penjualan pupuk. Total penerimaan setiap tahun mencapai Rp. 39.240.000,-. 

Dengan skala 16 ekor betina dan 2 ekor jantan bagi petani dapat merupakan usaha pokok dalam usaha tani. Keuntungan usaha setelah dikurangi beban bunga 18 persen per tahun diprediksi sebesar Rp 24.514.000,- per tahun atau Rp 2.042.833,- per tahun. Berdasarkan perhitungan selama lima tahun, NPV pads tingkat PE mampu bertahan dalam suku bunga yang tinggi, karena IRR yang sangat tinggi (> 100%). Jangka waktu pengembalian juga relatif cepat, sekitar 0,66 tahun atau sekitar 8 bulan. 

Peluang Usaha Ternak Kambing Etawa Bagi Investor


Dari hasil analisis biaya dan investasi tersebut di atas, ternyata usaha peternakan kambing etawa dengan air susu sebagai produk utama adalah Iayak secara teknis, ekonomis dan finansial di Kabupaten Cianjur bila dilaksanakan dengan manajemen berorientasi komersial dan dengan disertai sistem pemeliharaan yang intensif. Penerapan teknologi sederhana berupa pembuatan kandang yang bersifat permanen dan hygines serta mula mengintroduksi pakan konsentrat yang seimbang, sehingga kematian anak dapat ditekan dan keragaan reproduksi menjadi lebih baik membuat usaha ini dapat berjalan lebih efisien dan dapat menguntungkan bagi peternak.

Untuk ekspansi usaha bagi peternak tentunya terbatas, khususnya dalam hal pengadaan modal kerja. Dalam hal ini ada peluang bagi investor untuk membantu masyarakat dengan membuat kemitraan usaha, dimana investor dapat berperan sebagai inti dan masyarakat peternak sebagi plasma yang saling menguntungkan. Bagi peternak penerimaan cash income yang lebih terjamin oleh inti merupakan sesuatu yang sangat menarik. 

Semoga artikel Peluang Usaha Ternak Kambing Etawa ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis untuk membangun usaha khususnya dalam bidang peternakan. Selamat beternak kambing.

Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Posted: 21 May 2016 08:36 PM PDT

http://www.serambibisnis.com/2016/05/peluang-bisnis-online-tanpa-modal.html

SerambiBisnis.com - Selamat atas keputusan Anda untuk mulai mencari peluang bisnis online. Karena itu adalah keputusan yang tepat, dimana saat ini transaksi online sudah sangat marak dilakukan oleh masyrakat Indonesia, terlebih lagi masyarakat dunia internasional.

Kita tentu sudah sering melihat sebuah bisnis offline yang kemudian dipasarkan secara online untuk meningkatkan penjualan ataupun untuk membuat brand lebih terkenal. Bisnis online itu adalah bisnis yang dijalankan dengan menggunakan media internet. Semua orang yang memiliki koneksi internet tentu bisa menjalankan bisnis online. Target pasarnya pun tidak terbatas karena kita bisa menjual produk kita kemana saja baik lokal maupun internasional. Bahkan jika kita tidak punya produk sama sekali kita pun masih bisa menjalankan bisnis online. Jadi kita bisa berbisnis secara online tanpa modal yang besar, bahkan nyaris tanpa modal, asal ada koneksi internet.

Sesungguhnya, ada banyak sekali cara untuk menghasilkan uang secara online. Karena begitu banyaknya, justru rata-rata orang akan bingung untuk memilih yang mana yang paling efektif dan yang paling menghasilkan. Walaupun sebetulnya, semua akan dapat memberikan Anda penghasilan yang maksimal asal Anda menekuninya.

Berikut ini adalah garis besar peluang bisnis online tanpa modal besar bahkan tanpa modal dan bisa kita kerjakan dari dalam rumah :
  1. Affiliate Marketing
  2. Product Owner
  3. CPA Marketing
  4. Content Publisher
Mari kita lihat satu per satu…

1. Affiliate Marketing


Ini adalah salah satu model bisnis yang banyak digemari oleh para pebisnis online, karena kita bisa berbisnis tanpa memiliki stok barang, dan tidak perlu ribet dengan urusan pengiriman pesanan konsumen. Tugas kita hanya memasarkan, selebihnya adalah tugas vendor untuk melaksanakan pengiriman barang.

Sebagai seorang affiliate marketer, Anda berperan sebagai seorang makelar (orang yang mempertemukan antara pembeli dan penjual).

Anda bisa menjual tangible goods seperti TV, camera, handphone, laptop, sepeda dan lainnya dengan menjadi seorang affiliate di salah satu website penjual retail terbesar di dunia: Amazon.com

Atau Anda bisa juga menjual intangible goods seperti ebook, video / audio pelatihan (info product) dengan menjadi seorang affiliate di salah satu website penjual info product terbesar di dunia: Clickbank.com

Preferensi pribadi kami adalah menjual info product. Mengapa begitu? Karena info product dapat memberikan Anda komisi sampai sekitar 75% dan bahkan saat ini ada yang bisa sampai 100% (ada alasan mengapa mereka bisa memberikan 100% karena ada banyak product back-end yang mereka jual).

Bandingkan dengan tangible product dimana komisi Anda terbatas dari 2.5%-10% (ada beberapa yang lebih tinggi tetapi tidak pernah bisa lebih tinggi dari info product).

Serunya lagi dengan menjual info product, Anda bisa mendapatkan komisi secara instan melalui paypal Anda atau menerima pembayaran setiap 2 minggu jikalau Anda menjual info product yang ada di Clickbank.

Keuntungan sebagai seorang Affiliate Marketer:
  • Tidak perlu memiliki product sendiri (ada ribuan product yang bisa Anda pilih).
  • Tidak perlu mengurus customer service.
  • Komisi yang besar memberikan potensi income yang besar juga.
  • Memungkinkan untuk membentuk passive income.

Kerugian sebagai seorang Affiliate Marketer:
  • Jikalau Anda tidak membangun database, Anda akan kehilangan banyak sales (hint.. hint..)
  • Diperlukan edukasi yang penting yaitu mengetahui pasar Anda, selling skill and copywriting (bisa di outsource).

2. Product Owner


Sebagai product owner (pemilik product), Anda dapat memanfaatkan media internet untuk menjual barang atau service Anda.

Di market Indonesia, tipe bisnis ini sangat berkembang. Ada beberapa website yang sudah cukup popular yang dapat membantu mempertemukan pembeli dan penjual di tokopedia.com, bukalapak.commultiply.com. Banyak juga yang menggunakan media facebook dan kaskus.

Anda juga bisa menjual barang Anda secara internasional dengan cara memanfaatkan ebay atau membuat website Anda sendiri.

Pilihan favorit kami adalah sebagai pemilik info product. Mengapa begitu? Jawabannya di bawah ini:

Keuntungan sebagai seorang Product Owner:
  • Sangat memungkinkan memiliki passive income dengan banyak affiliate yang membantu menjual barang.
  • Buat produk sekali dan dijual berkali-kali (khusus info product).
  • Dengan database, Anda bisa menjual produk lain (cross selling).
  • Memiliki income yang cukup besar.

Kerugian sebagai seorang Product Owner:
  • Anda harus membuat product terlebih dahulu baru bisa menghasilkan uang.
  • Harus memiliki customer service.
  • Resiko lebih besar ketika setelah membuat produk tetapi ternyata tidak laku.
  • Harus stok barang (khusus bagi product owner yang memiliki tangible goods). Tidak berlaku bagi pemilik info product.
  • Harus mengurus pengiriman barang (khusuus bagi product owner yang memiliki tangible goods). Tidak berlaku bagi pemilik info product.
  • Diperlukan edukasi yang penting yaitu market knowledge, copywriting, selling skill (bisa di outsource) dan kemampuan untuk mencari affiliate untuk membantu menjual barang-barang.

3. CPA Marketing


Cost Per Aquisition (CPA) Marketing adalah model bisnis yang cukup unik. Model bisnis ini seperti affiliate marketing dimana Anda bertindak "seakan-akan" sebagai makelar. Jika affiliate marketing, Anda menjual product/service, maka Di CPA, Anda menjual leads.

Leads seperti apakah itu? Leads tersebut bisa berupa:
  • Nama dan email.
  • Zip Code.
  • Nomor handphone
  • Data lengkap seseorang.

Tergantung dari tipe leads yang Anda berikan dan marketnya, Anda bisa mendapatkan senilai $1,5 per leads. Dalam market tertentu seperti market health atau market lawyer, Anda akan di bayarkan sekitar $50-500 per leads. Menarik bukan?

Perhatikan bahwa leads ini bukanlah Anda sendiri yang mengisinya. Tetapi Anda membawa seseorang menuju ke website mereka dan ketika orang tersebut mengisi data yang valid maka Anda akan mendapatkan uang.

Dan di CPA Marketing, penetrasi marketnya lebih mudah. Mengapa? Karena leads Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu. Leads Anda hanya perlu mengisi data yang valid maka Anda akan mendapatkan uang.

Keuntungan sebagai seorang CPA Marketer:
  • Mendapatkan income yang besar dengan lebih mudah.
  • Tidak perlu customer service.
  • Tidak perlu membuat produk sendiri.

Kerugian sebagai seorang CPA Marketer:
  • Untuk mendaftar sebagai CPA Marketer memerlukan proses cukup panjang.
  • Anda akan sulit sekali mendapatkan database yang berarti menjual leads dan selesai (tidak ada back-end).
  • Bukan merupakan bisnis yang cukup bagus karena ketika perusahaan yang ingin membeli leads Anda sudah merasa cukup. Uang Anda pun berhenti.


4. Content Publisher


Content Publisher adalah sebuah model bisnis yang sangat simple. Tugas Anda adalah membuat content (artikel, video, audio) dan mempublishnya ke website Anda.

Anda memperoleh uang dengan cara menaruh iklan ke website Anda melalui program CPC seperti Google Adsense, Chitika.com, Media.net dan masih banyak lagi yang lainnya. Apabila ada pengunjung website Anda mengklik iklan tersebut, Anda mendapatkan uang.

Keuntungan sebagai seorang Content Publisher:

  • Anda tidak perlu pusing menjual sesuatu.
  • Bisnis model yang simple. Hanya perlu membuat website dan content.
  • Tidak perlu membuat produk sendiri.
  • Tidak perlu melakukan customer service.
  • Income yang didapat bisa besar dengan cara scaling up bisnis Anda.

Kerugian sebagai seorang Content Publisher:

  • Anda harus reguler membuat content yang baik.
  • Apabila tidak ada database maka Anda sulit untuk bisa melakukan back-end. (hint.. hint..)
  • Bisnis yang tergantung dengan Google Adsense (meskipun ada provider iklan lain, mereka adalah rajanya dimana per klik bisa mendapatkan uang yang jauh lebih besar di bandingkan provider iklan lain).

Content Publisher memiliki resiko yang sangat kecil dan bukan berarti memiliki penghasilan yang kecil. Sudah banyak orang yang memiliki penghasilan ribuan dollar per bulan sebagai seorang Content Publisher full time. Apakah Anda akan menyusul mereka?

Selain model bisnis yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak peluang bisnis online lain yang bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang minim asalkan kita memiliki akses internet yang baik. Untuk informasi model bisnis yang lain tersebut mungkin akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Kisah Sukses Penjual Jus Buah Meraup Omzet Miliaran Rupiah

Posted: 21 May 2016 05:29 PM PDT

http://www.serambibisnis.com/2016/05/kisah-sukses-penjual-jus-buah.html

SerambiBisnis.com - Bisa melihat peluang pasar dan mempunyai kreatifitas dalam membangun produk, hal itulah yang membuat Ferry Dafira sukses menjadi pengusaha jus buah. Dia bersama dengan ketiga rekannya Hendy, Yenyen, dan Handoko Winarto, mendirikan sebuah brand usaha bernama Kaaramel Juice pada tahun 2009 yang lalu.

Tidak ingin menjadi pengekor pebisnis jus lainnya, Ferry membuat produk yang berbeda yakni produk yang dia sebut jus fushion. Ini bukan sekadar jus buah biasa, tapi juga mengkombinasikannya dengan sayur-sayuran, karamel, yoghurt, atau bahan-bahan natural lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Bahkan finalis Wirausaha Muda Mandiri 2013 ini mengklaim dia adalah pelopor pengusaha jus fushion di Indonesia. "Bisnis jus tak lekang oleh waktu. Selain sehat, kami juga ingin menciptakan konsep yang unik dan enak," tuturnya.

Berawal dari membuka usaha di sebuah mobil Grand Max yang disulap menjadi tempat berjualan jus, setelah  lima tahun beroperasi, bisnis Kaaramel Juice makin berkembang cukup pesat.

Saat ini dia sudah memiliki lima outlet besar yang mereka sebut Kaaramel Juice Reguler dan 24 outlet kecil yang disebut Kaaramel Juice Express. Lokasi-lokasi gerai tersebut tersebar di Jakarta, Tangerang, hingga Surabaya.

Omzetnya pun kini makin meningkat. Pria lulusan The London School of Public Relations ini mengaku mampu mengantongi omzet Rp 2,1 miliar pada tahun 2013 lalu. Kaaramel Juice milik pusat yang beroperasi di dalam mobil menyumbang penjualan terbesar sekitar Rp 110 juta setiap bulan.

Diikuti oleh Kaaramel Juice Reguler dengan meraup omzet sekitar Rp 60 juta−Rp 70 juta per bulan dan Kaaramel Juice Express mampu mendapatkan omzet sekitar Rp 30 juta-Rp 40 juta per bulan.

Karaamel Juice menawarkan sekitar 50 varian rasa jus di setiap gerainya. Harga jual berkisar Rp 10.000 hingga Rp 100.000 per gelas.Meski dikemas dalam gelas plastik yang sederhana, namun ia menjamin setiap jus yang diproduksinya memberikan nutrisi yang berlimpah bagi kesehatan.

Menu jus Go Green merupakan menu yang paling laris selama ini. Harga jualnya Rp 10.000 per gelas. Ini jus percampuran buah dengan sayur. Ada pula jus King Royal yang seharga Rp 100.000 per gelas. Ini adalah jus hasil percampuran buah blackberry, blueberry, raspberry, strawberry dan beberapa buah lainnya. Buah ini bagus untuk terapi jantung sehat.

Bisnis ini juga mampu mengangkat perekonomian para petani buah di Bandung dan daerah lainnya yang selama ini menyuplai buah segar ke tempatnya. Pendapatan mereka bisa naik dari Rp 15 juta per bulan menjadi Rp 25 juta per bulan.    

Sukses Menarik Konsumen Dengan Jus Buah Unik


Sebelum terjun di bisnis jus buah bersama teman-temannya, Ferry Dafira telah bekerja di Kamar Dagang dan Industri Jerman (Ekonid) sebagai senior executive di divisi perdagangan selama dua tahun.

Kendati sudah memiliki pekerjaan mapan, sejak lulus kuliah Ferry memang sudah memiliki keinginan kuat untuk menjadi seorang wirausahawan. Terjun di bisnis jus buah terjadi secara kebetulan saja. Saat itu, kebetulan Ferry menjadi pelanggan awal saat Kaaramel Juice masih baru didirikan oleh Hendy dan istrinya Yenyen.

Nah, ia melihat ada persamaan prinsip dan visi mengenai bisnis yang bertahan lama. "Kami pikir bisnis kesehatan, tapi tak mungkin jualan obat. Jadi kami mengembangkan jus yang bisa menjadi gaya hidup," tuturnya.

Namun, mereka ingin menawarkan sesuatu yang berbeda. Dari situ lahirlah kreasi menu olahan jus yag tidak ditemukan di tempat lain. Misalnya, jus buah dengan menggunakan gandum, keju, oreo, tiramisu, atau sayur-sayuran.

Ada juga menu-menu campuran blackberry, kiwi, dan lemon, stroberi, gandum, sirup rum dan kismis. Lalu ada jus sayuran yang bisa menurunkan kolesterol. Karena kreativitas yang unik juga bermanfaat buat kesehatan, permintaan Kaaramel Juice tak pernah sepi di pasaran.

Dalam mengembangkan bisnis Kaaramel Juice, Ferry menangani bagian pemasaran dan promosi. Handoko di bidang operasional, dan Hendy yang bertugas meramu jus. Sementara istrinya Yenyen menangani bagian produksi.

Agar terlihat unik, Kaaramel Juice pertama kali dipasarkan dengan menggunakan mobil. "Saat itu, konsep food truck belum booming," ujarnya. Dengan konsep itu, penampilan truk dan buah-buahan ditata sedemikian rupa agar tampak menarik.

Jam operasionalnya pun malam hari. Menurutnya, malam hari tak banyak orang berjualan jus. Padahal, banyak orang membutuhkan tambahan nutrisi setelah beraktivitas panjang di siang hari.

Untuk mempopulerkan Kaaramel Juice, mereka juga gencar melakukan promosi. "Waktu itu belum ada media sosial untuk promosi seperti sekarang ini," tambahnya. Di samping itu, Ferry juga mencoba mengikut sertakan Kaaramel Juice untuk mengikuti kompetisi bisnis Wirausaha Mandiri 2013.

Hasilnya cukup memuaskan dengan menyabet juara satu Wirausaha Mandiri se-Jabodetabek. Sejak itu, Kaaramel Juice main banyak dikenal orang. Untuk mengembangkan usaha, akhirnya mereka menawarkan paket kemitraan pada April 2014 lalu.

Saat ini, Kaaramel Juice sudah memiliki 15 cabang kemitraan di berbagai daerah, seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Namun, tawaran kemitraan itu ditutup sementara saat ini. "Kami ingin fokus untuk mengembangkan cabang yang sudah ada dulu," tambahnya.

Sampai akhir tahun, Kaaramel Juice berencana membuka 30 gerai di berbagai daerah. Antara lain di Solo, Malang, Yogyakarta, dan Bali. Berkat dukungan gerai yang banyak, omzet Kaaramel Juice tahun lalu mencapai Rp 2,1 miliar. Kendala utama bisnis ini adalah musim hujan. Saat itu omzet akan turun.  

Terkendala Pasokan Buah dan Penjiplakan Menu


Tidak mudah bagi Ferry Dafira dan kawan-kawan dalam mengembangkan bisnis Kaaramel Juice hingga sukses mengantongi omzet ratusan juta seperti sekarang. Ada banyak masa susah yang sudah mereka lewati bersama.

Menurut Ferry, kendala utama bisnis ini ada di pasokan buah. Mereka kerap kesulitan mencari buah tertentu bila tidak sedang musimnya. Kalaupun ada, harganya sangat tinggi. Sementara ia tak bisa menaikkan harga jual jus sesuka hati. "Mau tidak mau omzet menjadi tipis karena buah tak ada dan harganya mahal," tuturnya.

Kendala lain adalah tenaga kerja. Menurutnya, banyak karyawannya selama ini keluar masuk. Sementara, memberi pelatihan kepada karyawan baru membutuhkan waktu tak sebentar. Pasalnya, karyawan harus di-training seputar manfaat jus dan cara blender jus yang baik dan benar.

Untuk memperkecil  turnover karyawan, ia mencoba membuat konsep baru. Yakni, dengan mempromosikan karyawan memiliki gerai toko sendiri. "Jika performanya bagus, karyawan bisa mempunyai gerai toko sendiri secara gratis, tanpa harus membayar biaya apapun," kata dia.

Konsep ini sudah mulai diwujudkan di dua cabang Kaaramel Juice di kantor Pusat, Pacenongan, Jakarta dan di pusat perbelanjaan Lippo Karawaci. Nantinya, hasil penjualan akan dibagi antara karyawan dan manajemen pusat.

Hambatan lain adalah maraknya penjiplakan yang dilakukan oleh kompetitor. Menurut Ferry, banyak kompetitornya meniru menu jus yang menjadi favorit di tempatnya. "Sudah banyak yang meniru, tapi kalau mereka tiru, kami terus meluncurkan tiga menu baru dalam setiap bulan," jelasnya.

Ini menjadi strategi Kaaramel Juice agar tetap unggul dengan para pesaingnya. Kendati banyak kendala, Ferry dan kawan-kawan tidak berhenti memutar otak untuk mengembangkan bisnis jus ini ke depannya.

Setelah berhasil mengembangkan bisnis dengan konsep food truck hingga outlet di pusat perbelanjaan, empat sekawan ini telah memulai membuat Kaaramel Juice Daily, yang bekerja sama dengan gerai toko Alfamidi.

Dengan mengincar pasar Jakarta Selatan, konsep gerai jus yang menempel dengan Alfamidi ini sudah mulai beroperasi di kawasan Tebet Raya, dan berikutnya akan diikuti di Depok, Kemang, dan Panglima Polim, Jakarta Selatan.

Tak berhenti dengan konsep gerai jus, ke depannya Kaaramel Juice juga akan hadir dalam konsep kafe. Jadi selain minum jus, konsumen juga bisa nongkrong bareng teman-temannya. Tentu akan disediakan juga menu-menu lain.

"Seperti Starbucks, nanti akan kami lengkapi dengan kudapan sehat sebagai komitmen kami di bidang kesehatan," tambahnya. Rencananya, konsep Kaaramel Juice Cafe ini akan direalisasikan tahun depan.

Pemenang juara 1 Wirausaha Mandiri 2013 se-Jabodetabek ini berharap agar Kaaramel Juice semakin dikenal secara luas di Indonesia dan juga di skala internasional. "Kami ingin agar menjadi produk lokal yang bisa bersaing dan dipertimbangkan di dunia internasional," tuturnya.

Nah, itulah kisah sukses seorang Ferry Dafira yang bisa meraup omzet miliaran hanya dengan berjualan jus buah. Semoga bisa menginspirasi bagi Anda yang sedang mencari ide-ide bisnis, atau sedang berusaha mengembangkan bisnis yang sudah Anda miliki.

Sumber : Kontan

Peluang Bisnis Tanaman Hidroponik, Keuntungannya Semakin Ciamik

Posted: 20 May 2016 04:18 PM PDT

http://www.serambibisnis.com/2016/05/peluang-bisnis-tanaman-hidroponik.html

SerambiBisnis.com - Sistem bercocok tanam secara hidroponik sebenarnya bukan teknik baru didunia pertanian. Sudah banyak petani di Indonesia yang menggunakan sistem bertanam dengan media air bernutrisi ini. Sampai hari ini pun potensi pasarnya masih terbuka lebar, apalagi di masa depan. Pasalnya, harga sayuran hidroponik cukup menggiurkan. Dari tahun ke tahun permintaannya pun meningkat cukup signifikan, yaitu sekitar 20% pertahun. Oleh karena itu peluang bisnis tanaman hidroponik ini semakin menjanjikan.

Bahkan, PT Trans Retail Indonesia melalui 41 gerai pasar modern seperti Carrefour di Jakarta membutuhkan pasokan sayuran hidroponik hingga 3 ton setiap bulannya. Angka tersebut masih belum bisa mencukupi semua permintaan konsumen yang masuk ke pasar modern tersebut, sedikitnya mereka menginginkan tambahan pasokan hingga 500 kg sayur hidroponik per bulan. Kabar gembiranya, beberapa pasar modern lainnya seperti Hypermart, Giant, dan Diamond juga mampu menyerap pasokan sayuran dari para petani hidroponik dalam jumlah yang tak kalah besar.

Fakta ini dibenarkan oleh pengelola Saung Mirwan yang setiap minggunya mampu memproduksi sayuran utuh sebanyak 2,5 ton serta sayuran potong mencapai 12 ton. Sementara itu, Parung Farm yang berlokasi di Parung, Bogor, bisa memproduksi 500 - 700 kilogram sayuran hidroponik per hari. Menurut pengakuan Direktur Produksi dan Kemitraan Parung Farm, Yudi Supriyono, saat ini kemampuan produksi sayuran hidroponik Parung Farm kepasar baru bisa mencapai angka 60 persen dari seluruh kebutuhan yang ada. "Masih ada 40 persen peluang pasar yang belum terpenuhi," katanya.

Hal senada juga dialami oleh Ir. Kunto Herwibowo yang mengembangkan bisnis hidroponik tanpa greenhouse. Dari lahan seluas 1.000 m2 miliknya, setiap hari Kunto mampu memproduksi 80 - 100 kilogram sayuran hidroponik yang terjual dengan kisaran harga mulai dari Rp 35.000-Rp78.000/ kg tergantung varietassayuran yang dipasarkan.

Dengan harga jual di atas rata-rata, bisa dibayangkan bukan berapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan para petani sayuran hidroponik? Selain keuntungannya yang sangat menjanjikan, sistem bercocok tanam hidroponik juga mudah untuk dijalankan. Salah satu kemudahan yang didapatkan petani yaitu lebih mudah mengontrol nutrisi yang diperlukan setiap jenis tanaman. Sementara jika menggunakan tanah, nutrisi tidak bisa dideteksi.

Melihat cara bercocok tanam hidroponik yang relatif mudah dengan modal yang cukup murah, kedepan sistem pertanian modern ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi bagi para petani ketika lahan bercocok tanam di Indonesia semakin sempit.

Tidak ada alasan untuk tidak dapat bercocok tanam di lingkungan yang lahannya sempit dan padat penduduk sekalipun. Di era modern seperti sekarang ini dimana semakin canggihnya teknologi dan cerdasnya manusia memanfaatkan keterbatasan, kini bertanam tak lagi harus menggunakan tanah. Salah satu sistem bercocoktanam yang dapat dilakukan di lingkungan dengan lahan sempit adalah sistem bertanaman dengan hidroponik. 

Hidroponik sejatinya merupakan sebuah sistem pertanian yang memberdayakan air sebagai zat pengganti tanah. Kemudahan inilah yang kemudian mulai dilirik masyarakat untuk beralih dari sistem tanam konvensional dan mengembangkan cara bercocok tanam hidroponik sebagai peluang usaha. Lalu, bagaimana caranya bisa menghasilkan pundi-pundi uang setiap bulan dari hidroponik?


Target Pasar Bisnis Hidroponik


Sejak tahun 2014 silam, pasar sayuran hidroponik terus mengalami pertumbuh sekitar 10-20% pertahun. Tingginya permintaan pasar terhadap sayuran hidroponik bahkan tak jarang membuat para petani kewalahan untuk memenuhinya. Tidak hanya kalangan masyarakat menengah ke atas saja yang kini begitu antusias dengan sayuran premium bebas pestisida tersebut, namun beberapa pelaku industri sepeti hotel, restoran, dan katering kini mulai menggunakan sayuran hidroponik untuk bahan baku produksi.
Memulai Bisnis Hidroponik Saat ini sistem hidroponik banyak dipilih para pelaku usaha untuk membudidayakan sayur-sayuran seperti bayam, selada, sawi, dan kangkung. Langkah ini diambil karena di beberapa pasar modern seperti supermarket, sayuran hidroponik dijual dengan kisaran harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran yang ditanam melalui media tanah. Harga sayuran tersebut berbeda karena sayuran hidroponik tidak menggunakan media tanah sehingga kondisi sayurannya lebih bersih, dan tidak menggunakan pestisida.
Pada dasarnya ada dua jenis sistem yang dipakai dalam sistem tanam hidroponik, yaitu sistem aeroponik dan Nutrient Film Technique (NFT) atau Teknik Lapisan Tipis Nutrisi. Umumnya sistem aeroponik hanya digunakan untuk penelitian dan produksi komersial khusus, ini dikarenakan sistem bercocok tanamnya yang cukup rumit. Pada sistem aeroponik, akar tanaman sengaja dibuat menggantung di udara kemudian diembuni dengan larutan bernutrisi.
Sedangkan sistem tanam NFT bisa dikatakan lebih produktif karena cara bercocok tanamnya lebih mudah dan tidak serumit aeroponik. Pada sistem ini, sistem tanam bergantung pada kerja pompa air dan aliran listriknya. Bila kedua komponen tersebut terganggu maka akan mengakibatkan aliran nutrisi kedalam tanaman juga ikut terganggu.
Setelah memahami sistem hidroponik, kini giliran anda memulai bisnis hidroponik ini dari skala rumahan atau pun langsung mengembangkannya menjadi skala industri. Namun bagi pemula sebaiknya memulai bisnis ini dari skala rumah tangga dan hasil panen sayuran hidroponik bisa dipasarkan ke warung atau pasar tradisional yang ada disekitarAnda.
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memulai bisnis hidroponik : 
  1. Pahami arti dan konsep budidaya hidroponik, bisa dari internet, forum-forum tanaman dan hidroponik, group facebook, buku atau tanya ahlinya.
  2. Tentukan jenis tanaman yang akan ditanam, misalnya sayuran, buah atau bunga. 
  3. Cari tahu jenis alat hidroponik mana yang paling sesuai, artinya efektik dan efisien jika anda lakukan. Karena tiap orang pasti berbeda dikarena aktifitas personal, sumberdaya lokal, ekonomi dll. Bisa bertanya pada ahlinya. Lalu anda mencaritahukonsepkerja dari alatitu. 
  4. Mulai menyiapkan alat dan bahan untuk memulai hidroponik.
  5. Gunakan peralatan yang paling sederhana, paling mudah, dan tentu paling murah. 
  6. Mulai pembibitan atau semai, Cara Semai Menggunakan Media Rockwool.
  7. Membeli nutrisi hidroponik dan perhatikan cara pemakaiannya.
  8. Setelah semua lengkap, langsung praktekkan dengan cara yang paling mudah, paling sederhana, dan paling murah. 
  9. Selanjutnya pelihara tanaman anda sampai panen.

Keuntungan Hidroponik 


Salah satu kelebihan bertanam secara hidroponik adalah meniadakan tahapan persiapan lahan seperti pada sistem konvensional. Dengan sistem hidroponik Anda hanya membutuhkan persiapan media dalam hitungan menit saja, karena hanya dibutuhkan sedikit waktu membuat larutan nutrisi sesuai kebutuhan tanaman. Tentu ini mengurangi biaya produksi dan hemat waktu.
Disamping itu, sayuran hidroponik juga menjadi solusi bagi kalangan masyarakat menengah ke atas untuk mendapatkan sayuran sehat, higenis, bernilai gizitinggi dan yang paling penting bebas dari pestisida kimia. Dengan produk yang berkualitas, maka akan mampu mendorong daya jual produk sayuran hidroponik dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai jual sayuran biasa.

Saat ini, harga selada yang dibudidayakan secara hidroponik memiliki nilai jual yang cukup tinggi yakni berkisar antara Rp 40.000 - Rp 80.000/ kg. Hal ini akan berbeda lagi ketika konsumennya adalah hotel berbintang atau pun restoran berkelas atas yang sangat mengedepankan kualitas. Mereka bersedia membeli sayuran hidroponik dengan harga yang tinggi, dengan syarat sayuran tersebut dapat memenuhi standart yang mereka tetapkan.

Hambatan Pada Hidroponik 


Jika dilihat dari kendala usaha, kekurangan budidaya secara hidroponik adalah membutuhkan biaya yang agak besar untuk tahap pertama seperti biaya pembuatan wadah hidroponik, green house, biaya penyiraman dengan listrik, dan lain-lain. Inilahyang membuat banyak orang tidak berani mencoba budidaya tanaman dengan cara hidroponik.
Namun itu dulu, sekarang sudah ada cara murah menanam dengan media hidroponik sederhana yaitu hidroponik yang menggunakan wadahnya dari botol dan gelas air mineral bekas sehingga tidak membutuhkan tenaga pompa dan listrik.

Biaya pembuatan wadahnya pun bisa diperkecil biayanya dengan menggunakan bahan dari barang bekas atau sampah plastik. Dengan begitu, tidak ada lagi kendala bagi pemula untuk memulai budidaya tanaman secara hidroponik. Apalagi menggunakan media dari barang bekas dan sampah plastik justru membantu menjaga lingkungan hidup. Nutrisi pun dapat dibuat sendiri dengan beberapa cara yang sangat mudah.

Strategi Pemasaran 


Sesuai dengan kualitas premium yang dihasilkan para petani sayuran hidroponik, saat ini target pasar yang dibidik adalah kalangan masyarakat menengah ke atas. Dan untuk menjangkau kalangan tersebut, salah satu strategi pemasaran yang dilakukan yaitu menggandeng beberapa pasar modern, hotel berbintang, restoran, dan pelaku industri katering untuk menjadi supplier tetap mereka. 

Biasanya untuk menjalin kerjasama dengan hotel maupun pasar moden, yang dibutuhkan hanyalah sampel produk sayur yang masih fresh dan proposal penawaran kerjasama. Langkah kedua yang bisa Anda lakukan yaitu memperkenalkan kebun hidroponik yang Anda miliki sebagai tempat agrowisata. Strategi promosi ini ternyata cukup efektif, karena para peserta tidak hanya bisa memetik secara langsung sayuran hidroponik yang akan mereka beli namun Anda juga bisa memanfaatkan keindahan kebun hidroponik sebagai daya tarik tersendiri bagi konsumen. Sebagai tambahan daya tarik bagi konsumen, Anda juga bisa membuka kelas pelatihan bagi para pemula yang ingin menekuni bisnis serupa. Dengan begitu, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari peluang bisnis hidroponik.

Kunci Sukses Bisnis Hidroponik


Yang perlu diperhatikan para pelaku bisnis hidroponik agar bisa sukses menjalankan usahanya, yang pertama adalah memastikan bahwa kebutuhan air dan nutrisi benar-benar tercukupi. Air tidak boleh habis karena akar tanaman harus terkena air sebagai pengganti media tanah. Selain itu dibutuhkan juga bantuan sinar matahari, meski memanam dengan sistem hidroponik dapat dilakukan di dalam rumah dengan menggunakan bantuan lampu violet. Point ketiga yang bisa dilakukan yaitu membuat green house agar tanaman bisa terlindung dari hama tanpa harus menyemprotkan pestisida.


Analisa Ekonomi Berbisnis Tanaman Hidroponik



Sumber : Majalah Bisnis UKM

Raih Kesukseskan Bisnis Anda dengan Mobile Marketing

Posted: 19 May 2016 09:10 AM PDT

http://www.serambibisnis.com/2016/05/Mobile-Marketing.html

SerambiBisnis.com - Tidak sedikit para pemilik usaha, terutama bisnis konvensional masih menganggap bahwa internet adalah hal yang kurang begitu penting. Mereka berpikir bahwa tren internet tersebut akan hilang dengan sendirinya seperti tren-tren lainnya. Tapi maaf, sudah semestinya Anda melupakan anggapan tersebut dan hadapi kenyataan yang sebenarnya. Sadarilah bahwa tren internet tak akan hilang, ini bahkan akan terus berkembang dan mencari momentum secara terus menerus.

Perlu diingat, pelanggan Anda juga selalu memakai internet bagi kehidupannya. Sekarang, sebuah website saja sudah tak cukup lagi. Bisnis yang memiliki situs yang mobile friendly juga sudah vital sifatnya. Pelanggan Anda tak akan menunggu sampai Anda memiliki situs yang mobile friendly tersebut. Jika mereka tak dapat melihat situs Anda melalui smartphone mereka, mereka akan menghabiskan waktu mereka di tempat lain. situs kompetitor Anda! Tak mau, kan?

Bukannya menakut-nakuti, tapi statistik membuktikan bahwa hal ini sedang terjadi. Lebih dari 51% persen pelanggan di UK dan lebih 49% pelanggan di US memiliki Smartphone. Mereka semua bersemangat mengakses situs-situs dari Smartphone mereka. 9 dari 10 orang menggunakan pencarian lewat perangkat mobilenya, dan setengah lebihnya melakukan pembelian lewat Smartphone. Jumlah tersebut akan terus bertambah. 9 dari 10 handphone yang sekarang terjual adalah Smartphone. Diperkirakan akan lebih banyak smartphone yang terjual dibandingkan PC. Coba Anda tanya ke teman-teman atau saudara, pasti banyak dari mereka yang memiliki smartphone dengan berbagai macam jenisnya.

Smartphone adalah bagian penting bagi kehidupan pelanggan Anda. Mereka bahkan teradiksi! Mereka menggunakan Smartphoe untuk posting di twitter, update status di Facebook, dan juga melakukan online shopping. Jika Anda menyediakan produk atau jasa yang mereka inginkan, kemungkinan besar mereka akan mengecek situs Anda lewat telepon genggam mereka. Jika konten website Anda tak mudah dibaca lewat mobile phone mereka, Anda akan ada dalam masalah karena mereka akan meninggalkan situs Anda dan melirik yang lain. Jadi, jika Anda berpikir bahwa Anda tak membutuhkan versi mobile dari website Anda, berarti Anda mengabaikan kebutuhan pelanggan. Anda akan kehilangan pelanggan. Pelanggan yang memiliki uang untuk mencari produk atau jasa Anda.

Entah Anda itu dokter gigi, retailer lokal, florist, atau dekorater, Anda dapat meraih semua klien Anda dengan lebih efektif dan mudah melalui mobile website. Memiliki mobile website akan membuka kesempatan bagi perusahaan Anda menarik banyak traffic ke situs Anda. Misalnya, QR Code (quick respose code) akan memudahkan Anda untuk menciptakan marketing campaign yang tak terbatas dan pelangganpun akan mudah mengakses situs Anda di manapun mereka berada. Penelitian mengatakan bahwa 50% penguna Smartphone telah menge-scan QR Code dan 18% dari mereka melakukan pembelian setelah mengakses dari QR Code tersebut. Itu artinya ada 18% pelanggan yang tidak akan Anda miliki juga Anda tak punya mobile marketing platform. Dapatkah Anda lihat potensi perusahaan Anda jika memiliki situs yang mobile friendly? Yang sering dilupakan oleh para pebisnis adalah bahwa bukanlah pekerjaan pelanggan Anda untuk mengingat bahwa bisnis Anda ada. Justru Andalah yang harus mengingatkan mereka secara konstan bahwa bisnis Anda ada dan eksis.

Menggunakan sumber dan alat yang benar sangatlah penting. Kami melihat beberapa pebisnis mengalihkan perhatiannya dan malah membuang-buang uang dengan menaruh banyak pada iklan koran, yellow pages, dan flyers secara besar-besaran. Koran dan Yellow Pages sudah sekarat, dan tak ada gunanya menaruh investasi Anda sebegitu besarnya pada iklan yang hanya sekali terbit. Flyer juga mahal dan hanya dapat meraih demografi yang kecil lingkupnya. Mobile marketing adalah cara yang paling efektif untuk menjaga kontak dengan pelanggan dan juga calon pelanggan Anda. Ada banyak perusahaan yang menggunakan moble marketing dan telah berhasil meraih jutaan calon pelanggan dan mendapatkan traffic yang begitu banyak serta menambahkan pendapatan mereka.

Memiliki situs yang mobile friendly tak hanya akan memberikan kesan baik pada klien Anda tapi juga akan menjauhkan Anda dari competitor yang masih kaku dan tak mau membuang waktu membuat mobile website. Jadi, mengapa Anda tak merelakan waktu Anda sedikit untuk membuat situs yang mobile friendly dan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak lagi?

Sumber : Majalah Bisnismu

Comments (0)